Penilaian Tengah Semester (PTS) merupakan salah satu tolok ukur penting untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari selama separuh semester. Bagi siswa kelas 7 Kurikulum 2013, mata pelajaran Bahasa Inggris seringkali menjadi tantangan tersendiri, terutama dalam memahami berbagai aspek tata bahasa, kosakata, dan kemampuan komunikasi. Semester 2 biasanya menyajikan materi yang lebih mendalam dan beragam, sehingga persiapan yang matang menjadi kunci keberhasilan.
Artikel ini hadir untuk membantu siswa kelas 7 dalam mempersiapkan diri menghadapi PTS Bahasa Inggris Semester 2 Kurikulum 2013. Kami akan menyajikan kumpulan contoh soal yang mencakup berbagai tipe soal yang umum diujikan, disertai dengan penjelasan singkat mengenai materi yang diuji. Dengan memahami pola soal dan berlatih secara teratur, diharapkan siswa dapat meningkatkan kepercayaan diri dan meraih hasil yang optimal.
Memahami Materi Kunci PTS Bahasa Inggris Kelas 7 Semester 2
Sebelum masuk ke contoh soal, penting untuk mereview materi-materi utama yang biasanya diujikan pada PTS Bahasa Inggris Kelas 7 Semester 2 Kurikulum 2013. Materi ini umumnya berfokus pada:

- Teks Deskriptif (Descriptive Text): Memahami dan mengidentifikasi ciri-ciri teks yang menggambarkan orang, tempat, atau benda. Fokus pada penggunaan adjective, preposition of place, dan simple present tense.
- Teks Prosedur (Procedure Text): Mengenali teks yang memberikan instruksi atau langkah-langkah untuk melakukan sesuatu. Penggunaan imperative verbs dan conjunctions (first, second, then, finally) sangat penting.
- Teks Narasi Pendek (Short Narrative Text) / Recount Text: Memahami cerita pendek atau pengalaman pribadi yang diceritakan di masa lalu. Fokus pada penggunaan simple past tense, time connectives (yesterday, last week, ago), dan sequence of events.
- Ungkapan Sehari-hari (Daily Expressions): Mengenali dan menggunakan ungkapan untuk menyapa, berpamitan, meminta maaf, berterima kasih, menawarkan bantuan, dan meminta serta memberi informasi pribadi.
- Tata Bahasa (Grammar):
- Simple Present Tense: Penggunaan untuk menyatakan fakta, kebiasaan, dan rutinitas.
- Simple Past Tense: Penggunaan untuk menyatakan kejadian di masa lalu.
- Adjectives: Penggunaan kata sifat untuk mendeskripsikan.
- Prepositions of Place: Penggunaan kata depan untuk menunjukkan lokasi (in, on, at, under, beside, between, etc.).
- Conjunctions: Penggunaan kata penghubung (and, but, or, because, so, then, when, etc.).
- Kosakata (Vocabulary): Memahami makna dan penggunaan kosakata terkait topik-topik yang dipelajari, seperti deskripsi orang, tempat, benda, kegiatan sehari-hari, dan instruksi.
Contoh Soal Latihan PTS Bahasa Inggris Kelas 7 Semester 2
Berikut adalah kumpulan contoh soal yang dirancang untuk mencakup berbagai aspek materi di atas.
SECTION 1: READING COMPREHENSION
Soal 1 (Teks Deskriptif)
Read the following text carefully and answer the questions.
My cat, Snowy, is a beautiful animal. She has soft, white fur that feels like cotton. Her eyes are big and round, and they shine like emeralds when the light hits them. Snowy has small, pointed ears that twitch when she hears a sound. Her tail is long and fluffy, and she often wags it when she’s happy. She loves to play with her toy mouse and nap in sunny spots. Snowy is very affectionate and often purrs when I pet her.
-
What color is Snowy’s fur?
a. Black
b. White
c. Brown
d. Grey -
How does Snowy’s fur feel?
a. Rough
b. Silky
c. Like cotton
d. Like wool -
What color are Snowy’s eyes?
a. Blue
b. Green
c. Brown
d. Yellow -
When do Snowy’s eyes shine like emeralds?
a. When she is sleeping
b. When she is playing
c. When the light hits them
d. When she is eating -
What does Snowy love to do when she is happy?
a. Sleep
b. Play
c. Purr
d. Wag her tail
Penjelasan: Soal-soal ini menguji kemampuan siswa dalam memahami informasi spesifik dari sebuah teks deskriptif. Siswa perlu membaca dengan cermat dan menemukan kata kunci yang sesuai dengan pertanyaan.
Soal 2 (Teks Prosedur)
Read the following instructions and answer the questions.
How to Make a Simple Lemonade
Ingredients:
- 1 cup fresh lemon juice
- 1 cup sugar
- 4 cups cold water
Instructions:
-
First, mix the lemon juice and sugar in a pitcher. Stir until the sugar is dissolved.
-
Next, add the cold water to the pitcher.
-
Then, stir everything together well.
-
Finally, taste and add more sugar or water if needed. Serve with ice.
-
What is the first step in making lemonade?
a. Add cold water
b. Mix lemon juice and sugar
c. Stir everything together
d. Taste the lemonade -
What do you need to do after mixing the lemon juice and sugar?
a. Add sugar
b. Add cold water
c. Stir well
d. Serve with ice -
Which ingredient is used to sweeten the lemonade?
a. Lemon juice
b. Sugar
c. Water
d. Ice -
What is the purpose of the conjunctions "First," "Next," "Then," and "Finally"?
a. To describe ingredients
b. To show the order of steps
c. To explain the taste of lemonade
d. To give a warning -
What should you do if the lemonade is not sweet enough?
a. Add more lemon juice
b. Add more water
c. Add more sugar
d. Serve immediately
Penjelasan: Soal-soal ini menguji pemahaman siswa terhadap teks prosedur, khususnya urutan langkah-langkah dan penggunaan kata penghubung waktu.
Soal 3 (Teks Narasi Pendek / Recount Text)
Read the following short story and answer the questions.
Last Saturday, my family and I went to the zoo. It was a sunny day, and we were very excited. First, we saw the lions. They were sleeping in their enclosure. Then, we visited the elephants. One elephant sprayed water with its trunk, which was very funny. After that, we watched the monkeys swinging from tree to tree. They were so playful! Finally, we bought some ice cream before we went home. It was a wonderful day.
-
When did the story happen?
a. Last Friday
b. Last Saturday
c. Yesterday
d. This morning -
What was the weather like on that day?
a. Rainy
b. Cloudy
c. Sunny
d. Windy -
What did the elephants do that was funny?
a. They roared loudly.
b. They sprayed water with their trunks.
c. They ate a lot of food.
d. They slept all day. -
Which animals were described as playful?
a. Lions
b. Elephants
c. Monkeys
d. Birds -
What did they do before going home?
a. They watched the lions.
b. They bought ice cream.
c. They played with the monkeys.
d. They visited the elephants again.
Penjelasan: Soal-soal ini menguji kemampuan siswa dalam mengidentifikasi informasi penting dari teks narasi pendek, seperti waktu, cuaca, kejadian, dan urutan peristiwa. Fokus pada penggunaan simple past tense.
SECTION 2: GRAMMAR AND VOCABULARY
Soal 4 (Simple Present Tense vs. Simple Past Tense)
Choose the correct verb to complete the sentences.
- My mother ______________ (cooks / cooked) dinner every evening.
- I ______________ (watched / watch) a great movie last night.
- The sun ______________ (rises / rose) in the east.
- We ______________ (visited / visit) our grandparents last holiday.
- She ______________ (reads / read) a book every day.
Penjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang perbedaan penggunaan Simple Present Tense (untuk kebiasaan, fakta) dan Simple Past Tense (untuk kejadian di masa lalu).
Soal 5 (Adjectives and Prepositions of Place)
Fill in the blanks with the correct adjective or preposition.
- The book is ______________ the table. (on / in / at)
- My school is ______________ Jalan Merdeka. (on / in / at)
- The cat is sleeping ______________ the chair. (under / beside / between)
- The bag is ______________ the shelf. (in / on / at)
- The park is ______________ my house and the library. (on / beside / between)
Penjelasan: Soal ini menguji penggunaan kata sifat (adjective) untuk mendeskripsikan dan kata depan tempat (preposition of place) untuk menunjukkan lokasi.
Soal 6 (Conjunctions)
Choose the correct conjunction to complete the sentences.
- I like apples ______________ I don’t like bananas. (and / but / or)
- He studied hard, ______________ he passed the exam. (so / because / but)
- She is tired ______________ she stayed up late. (so / because / and)
- Do you want tea ______________ coffee? (and / but / or)
- We went to the park ______________ it was a nice day. (so / because / but)
Penjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang penggunaan kata penghubung (conjunctions) untuk menghubungkan ide-ide dalam kalimat.
Soal 7 (Vocabulary)
Choose the best word to complete the sentences.
- A ______________ is a place where animals are kept and displayed. (school / hospital / zoo)
- You use a ______________ to write on paper. (pen / book / chair)
- To make a cake, you usually need flour, sugar, and ______________. (water / eggs / salt)
- When you meet someone for the first time, you usually ______________ them. (say goodbye / introduce yourself / ask a question)
- If you are late for class, you should ______________ the teacher. (thank / apologize to / greet)
Penjelasan: Soal ini menguji penguasaan kosakata siswa terkait topik-topik yang dipelajari.
SECTION 3: DAILY EXPRESSIONS AND SPEAKING/WRITING PROMPTS
Soal 8 (Daily Expressions)
Match the expression with its appropriate response.
- "Good morning!"
- "Thank you!"
- "Excuse me, can you help me?"
- "I’m sorry."
-
"Goodbye!"
a. "You’re welcome."
b. "Good morning, too."
c. "It’s okay."
d. "See you later."
e. "Sure, what can I do for you?"
Penjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang ungkapan-ungkapan umum dalam percakapan sehari-hari dan cara meresponnya.
Soal 9 (Short Answer/Writing Prompt)
Answer the following questions briefly.
- Describe your favorite animal using at least three adjectives.
- Example: My favorite animal is a dog. It is loyal, friendly, and playful.
- Write two sentences about what you did yesterday. Use Simple Past Tense.
- Example: Yesterday, I played football with my friends. Then, I went home and did my homework.
- Imagine you are introducing yourself to a new friend. What two things would you say?
- Example: Hello, my name is . I like reading books.
- What is one thing you learned in English class this semester?
- Write down the steps to brush your teeth. Use imperative verbs.
- Example: First, wet your toothbrush. Next, put toothpaste on it. Then, brush your teeth. Finally, rinse your mouth.
Penjelasan: Bagian ini menguji kemampuan siswa dalam menerapkan materi yang telah dipelajari dalam bentuk tulisan singkat. Ini mencakup penggunaan deskripsi, tenses, ungkapan perkenalan, dan teks prosedur sederhana.
Tips Menghadapi PTS Bahasa Inggris Kelas 7 Semester 2
- Pahami Silabus: Ketahui dengan pasti materi apa saja yang akan diujikan. Tanyakan kepada guru jika ada keraguan.
- Review Catatan: Baca kembali catatan pelajaran, buku teks, dan lembar kerja yang telah diberikan.
- Perbanyak Latihan Soal: Kerjakan berbagai jenis soal, seperti yang telah disajikan di atas. Semakin banyak berlatih, semakin terbiasa dengan format dan tipe soal.
- Fokus pada Kosakata: Buat daftar kosakata baru dan definisinya. Gunakan kartu flash atau aplikasi belajar bahasa untuk membantu menghafal.
- Latih Tata Bahasa: Pahami aturan tata bahasa secara mendalam, terutama Simple Present Tense, Simple Past Tense, penggunaan adjective, dan preposition. Cobalah membuat kalimat sendiri menggunakan aturan tersebut.
- Pahami Teks: Latih kemampuan membaca dengan membaca berbagai jenis teks (deskriptif, prosedur, narasi pendek) dan jawab pertanyaan terkait.
- Manfaatkan Sumber Belajar Lain: Gunakan video pembelajaran di YouTube, aplikasi belajar bahasa Inggris, atau situs web edukasi yang relevan.
- Simulasi Ujian: Cobalah mengerjakan soal latihan dalam batas waktu tertentu untuk melatih manajemen waktu.
- Istirahat yang Cukup: Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup sebelum hari ujian agar otak berfungsi optimal.
- Tetap Tenang dan Percaya Diri: Yakinlah pada kemampuan Anda setelah melakukan persiapan yang matang.
Kesimpulan
Persiapan yang terstruktur dan latihan yang konsisten adalah kunci utama untuk sukses dalam PTS Bahasa Inggris Kelas 7 Semester 2. Dengan memahami materi yang akan diujikan dan membiasakan diri dengan berbagai tipe soal, siswa dapat meningkatkan pemahaman mereka secara signifikan. Contoh soal yang disajikan dalam artikel ini diharapkan dapat menjadi panduan berharga dalam proses belajar. Ingatlah bahwa setiap ujian adalah kesempatan untuk menunjukkan kemajuan belajar Anda. Selamat belajar dan semoga sukses dalam PTS Anda!
Catatan:
- Artikel ini dirancang untuk mendekati 1.200 kata. Anda dapat menyesuaikan panjangnya dengan menambahkan lebih banyak contoh soal, penjelasan materi yang lebih mendalam, atau tips belajar tambahan.
- Format penomoran soal dan jawaban di atas adalah contoh. Dalam artikel sebenarnya, Anda mungkin ingin menata jawabannya secara terpisah atau dalam format yang berbeda.
- Pastikan untuk menyesuaikan contoh soal dengan kurikulum spesifik yang diajarkan di sekolah Anda.
