Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran fundamental yang membekali siswa dengan kemampuan komunikasi global. Di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), khususnya kelas 7, Kurikulum 2013 menekankan pada pengembangan keterampilan berbahasa Inggris secara terintegrasi, meliputi mendengarkan (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing). Memasuki semester 2, materi pembelajaran biasanya semakin mendalam dan mencakup berbagai topik yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa.
Artikel ini akan menjadi panduan komprehensif bagi siswa kelas 7 yang sedang mempersiapkan diri menghadapi ulangan atau penilaian akhir semester 2 Kurikulum 2013. Kita akan mengulas secara rinci berbagai tipe soal yang sering muncul, lengkap dengan contoh-contoh soal yang representatif dan tips menjawabnya. Dengan memahami struktur soal dan strategi pengerjaan, diharapkan siswa dapat meningkatkan kepercayaan diri dan meraih hasil belajar yang optimal.
Tinjauan Materi Bahasa Inggris Kelas 7 Semester 2 Kurikulum 2013
Sebelum menyelami contoh soal, penting untuk mereview kembali materi-materi utama yang umumnya diajarkan di semester 2 kelas 7 Kurikulum 2013. Materi ini biasanya berfokus pada:

- Descriptive Text: Mendeskripsikan orang, tempat, benda, atau binatang. Fokus pada penggunaan adjective, preposisi tempat, dan struktur kalimat deskriptif.
- Recount Text: Menceritakan kembali peristiwa atau pengalaman di masa lalu. Fokus pada penggunaan past tense (verb 2), chronological connectors (first, then, after that, finally), dan factual information.
- Procedures Text: Memberikan instruksi atau langkah-langkah untuk melakukan sesuatu. Fokus pada imperative sentences, sequential adverbs, dan vocabulary terkait kegiatan.
- Vocabulary and Grammar: Pengayaan kosakata terkait topik-topik yang dipelajari, serta penguatan tata bahasa seperti simple present tense, simple past tense, present continuous tense, articles (a, an, the), prepositions, dan conjunctions.
- Function of Language: Memahami fungsi sosial dari ungkapan-ungkapan tertentu, seperti asking for and giving information, asking for and giving opinion, expressing likes and dislikes, dan invitations.
Contoh Soal Berdasarkan Tipe Penilaian
Kurikulum 2013 biasanya mengintegrasikan berbagai jenis soal untuk mengukur pemahaman siswa secara menyeluruh. Berikut adalah contoh soal yang mencakup berbagai aspek keterampilan dan materi:
Bagian 1: Listening Comprehension (Pemahaman Mendengarkan)
Pada bagian ini, siswa akan mendengarkan sebuah audio (dialog, monolog, atau pengumuman) lalu menjawab pertanyaan berdasarkan isi audio tersebut. Karena format teks tidak bisa menyajikan audio, kita akan memberikan contoh soal yang seperti akan muncul setelah siswa mendengarkan sesuatu.
Contoh Soal 1 (Dialog Pendek):
Instruksi: Listen to the dialogue and answer the questions.
(Bayangkan Anda mendengar percakapan antara dua orang, Ani dan Budi, tentang rencana akhir pekan.)
Ani: Hi Budi! What are you doing this weekend?
Budi: Hi Ani! I’m planning to visit my grandparents in the village. How about you?
Ani: I’m going to watch a new movie with my family. It’s a superhero movie.
Budi: Oh, that sounds fun! What time will you go?
Ani: We’ll go on Saturday afternoon, around 3 PM.
Budi: Great! Have a good time.
Ani: You too! Hope you have a nice trip to the village.
Pertanyaan:
-
What is Budi planning to do this weekend?
a. Watch a new movie
b. Visit his grandparents
c. Go to the park
d. Study for an exam -
What kind of movie will Ani watch?
a. A comedy movie
b. A horror movie
c. A superhero movie
d. A drama movie -
When will Ani watch the movie?
a. Saturday morning
b. Saturday afternoon
c. Sunday morning
d. Sunday afternoon
Tips Menjawab Soal Listening:
- Fokus: Dengarkan baik-baik setiap kata yang diucapkan.
- Kata Kunci: Tangkap kata kunci seperti nama, tempat, waktu, dan aktivitas.
- Catat: Jika diizinkan, buat catatan singkat untuk membantu mengingat informasi penting.
- Pahami Konteks: Jangan hanya menerjemahkan kata per kata, tapi pahami makna keseluruhan percakapan.
Bagian 2: Reading Comprehension (Pemahaman Membaca)
Bagian ini menguji kemampuan siswa dalam memahami teks tertulis. Teks bisa berupa dialog, deskripsi, recount, prosedur, atau informasi singkat.
Contoh Soal 2 (Descriptive Text):
Instruksi: Read the following text and answer the questions.
My cat, Whiskers, is a very special pet. He is a Persian cat with soft, fluffy white fur. His eyes are big and round, and they are the color of the sky on a clear day – a beautiful blue. Whiskers has a small, pink nose and long, sensitive whiskers that help him navigate in the dark. He loves to play with his toy mouse and often sleeps in a sunbeam by the window. He is a very gentle and quiet cat, and I love him very much.
Pertanyaan:
-
What kind of animal is Whiskers?
a. A dog
b. A rabbit
c. A cat
d. A bird -
What color is Whiskers’ fur?
a. Black
b. White
c. Grey
d. Orange -
According to the text, what color are Whiskers’ eyes?
a. Green
b. Brown
c. Blue
d. Yellow -
Where does Whiskers often sleep?
a. In a basket
b. On the sofa
c. In a sunbeam by the window
d. Under the bed -
How is Whiskers described in terms of his personality?
a. Playful and noisy
b. Aggressive and wild
c. Gentle and quiet
d. Shy and timid
Contoh Soal 3 (Recount Text):
Instruksi: Read the following text and answer the questions.
Last Sunday, my family and I went camping in the mountains. It was a wonderful experience. We arrived at the campsite in the morning and immediately started setting up our tent. After that, we went for a hike through the forest. The trees were tall, and the air was fresh. In the afternoon, we cooked some food over a campfire. We sang songs and told stories until it was dark. That night, we slept under the stars. It was a bit cold, but very beautiful. The next morning, we packed up our things and headed home, feeling happy and refreshed.
Pertanyaan:
-
When did the writer’s family go camping?
a. Last Saturday
b. Last Sunday
c. Last Friday
d. Last Monday -
What did they do after setting up their tent?
a. Cooked food
b. Went for a hike
c. Sang songs
d. Slept under the stars -
What was the weather like at night?
a. Hot
b. Warm
c. A bit cold
d. Raining -
How did they feel when they headed home?
a. Tired and sad
b. Happy and refreshed
c. Bored and sleepy
d. Angry and disappointed -
The text is an example of which type of text?
a. Descriptive Text
b. Recount Text
c. Procedure Text
d. Narrative Text
Tips Menjawab Soal Reading:
- Baca Cepat (Skimming): Baca teks secara cepat untuk mendapatkan gambaran umum isinya.
- Baca Teliti (Scanning): Baca kembali teks dengan lebih teliti untuk mencari jawaban spesifik dari pertanyaan.
- Identifikasi Kata Kunci: Cari kata kunci dalam pertanyaan yang ada di teks.
- Pahami Struktur Teks: Kenali jenis teks (deskriptif, recount, prosedur) untuk memahami tujuannya.
- Perhatikan Detail: Jangan abaikan detail kecil yang mungkin menjadi kunci jawaban.
Bagian 3: Writing (Menulis)
Bagian ini menguji kemampuan siswa dalam menyusun kalimat atau paragraf secara tertulis.
Contoh Soal 4 (Menyusun Kalimat Acak menjadi Paragraf):
Instruksi: Arrange the following sentences into a coherent paragraph.
- First, wash your hands thoroughly with soap and water.
- It is important to keep yourself clean to prevent illness.
- Next, dry your hands with a clean towel.
- Washing your hands is a simple yet effective way to stay healthy.
- Finally, you can use hand sanitizer if soap and water are not available.
Jawaban yang Benar (Urutan): 4, 2, 1, 3, 5
Contoh Soal 5 (Melengkapi Kalimat Rumpang):
Instruksi: Fill in the blanks with the correct word from the box.
| on | in | at | and | but |
|---|
- My birthday is ___________ July 15th.
- The book is ___________ the table.
- I wake up ___________ 6 o’clock every morning.
- She likes apples ___________ bananas.
- He is small ___________ he is very strong.
Jawaban:
- on
- on
- at
- and
- but
Contoh Soal 6 (Menulis Kalimat Deskriptif Sederhana):
Instruksi: Write three sentences to describe your favorite animal.
(Contoh Jawaban Siswa):
My favorite animal is a dog. Dogs are very loyal. They like to play fetch.
Tips Menjawab Soal Writing:
- Pahami Instruksi: Baca instruksi dengan cermat sebelum mulai menulis.
- Gunakan Kosakata yang Tepat: Pilih kata-kata yang sesuai dengan konteks.
- Perhatikan Tata Bahasa: Pastikan kalimatmu memiliki subjek, predikat, dan objek yang benar, serta menggunakan tenses yang sesuai.
- Susun dengan Logis: Buat urutan kalimat yang mengalir dan mudah dipahami.
- Periksa Kembali: Baca ulang tulisanmu untuk menemukan dan memperbaiki kesalahan ejaan atau tata bahasa.
Bagian 4: Grammar and Vocabulary (Tata Bahasa dan Kosakata)
Bagian ini menguji pemahaman siswa terhadap aturan tata bahasa dan penguasaan kosakata.
Contoh Soal 7 (Pilihan Ganda Tata Bahasa):
Instruksi: Choose the best answer to complete the sentences.
-
I ___________ playing football now.
a. am
b. is
c. are
d. be -
She ___________ to school yesterday.
a. go
b. goes
c. went
d. going -
There ___________ two books on the shelf.
a. is
b. am
c. are
d. be -
He ___________ his homework every evening.
a. do
b. does
c. did
d. doing -
This is ___________ apple.
a. a
b. an
c. the
d. –
Jawaban:
- a (present continuous tense)
- c (simple past tense)
- c (plural noun)
- b (simple present tense, third person singular)
- b (kata benda dimulai dengan huruf vokal)
Contoh Soal 8 (Mencocokkan Kata dengan Maknanya):
Instruksi: Match the words in Column A with their meanings in Column B.
| Column A | Column B |
|---|---|
| 1. Delicious | a. To move slowly and quietly |
| 2. Explore | b. Very pleasing to taste |
| 3. Sneak | c. To travel around a place to learn about it |
| 4. Ancient | d. Belonging to the very distant past |
| 5. Busy | e. Having a lot to do; occupied |
Jawaban:
- b
- c
- a
- d
- e
Tips Menjawab Soal Grammar and Vocabulary:
- Pelajari Aturan: Pahami aturan tata bahasa yang telah diajarkan, terutama yang berkaitan dengan tenses, articles, prepositions, dan singular/plural nouns.
- Perbanyak Kosa Kata: Hafalkan kosakata baru setiap hari dan coba gunakan dalam kalimat.
- Latihan Rutin: Kerjakan soal-soal latihan secara rutin untuk menguji pemahaman.
- Perhatikan Konteks: Dalam soal kosakata, pilih kata yang paling sesuai dengan makna kalimat.
Bagian 5: Function of Language (Fungsi Bahasa)
Bagian ini menguji kemampuan siswa dalam mengenali dan menggunakan ungkapan sesuai dengan fungsinya.
Contoh Soal 9 (Menentukan Ungkapan yang Tepat):
Instruksi: Choose the most suitable response.
-
Teacher: "Can you please open the window?"
Student:
a. Yes, I can.
b. No, I can’t.
c. Sure, I will.
d. Okay, I do. -
Friend 1: "I think the new song by XYZ is amazing!"
Friend 2:
a. I don’t like it.
b. I agree. It’s so catchy!
c. What do you mean?
d. I disagree. It’s boring. -
You: "Can I borrow your pencil?"
Classmate:
a. Yes, you can.
b. You can borrow it.
c. Sure, here you go.
d. Please don’t.
Jawaban:
- c (Ungkapan permintaan yang diikuti dengan kesediaan untuk melakukan)
- b (Ungkapan persetujuan terhadap pendapat)
- c (Ungkapan memberikan izin untuk meminjam)
Contoh Soal 10 (Mencocokkan Situasi dengan Ungkapan):
Instruksi: Match the situation with the most appropriate expression.
| Situation | Expression |
|---|---|
| 1. You want to ask for someone’s opinion. | a. "I’m sorry, I can’t help you." |
| 2. You want to express you don’t like something. | b. "Could you tell me what you think?" |
| 3. You want to invite someone to a party. | c. "I don’t really like it." |
| 4. You want to apologize for being late. | d. "Would you like to come to my birthday party?" |
| 5. You cannot fulfill a request. | e. "I’m so sorry I’m late." |
Jawaban:
- b
- c
- d
- e
- a
Tips Menjawab Soal Function of Language:
- Pahami Fungsi: Kenali fungsi sosial dari setiap ungkapan (meminta izin, memberi saran, menyatakan pendapat, dll.).
- Perhatikan Konteks: Pilih respons yang paling sesuai dengan situasi yang diberikan.
- Latih Ungkapan Sehari-hari: Biasakan menggunakan ungkapan-ungkapan ini dalam percakapan sehari-hari.
Strategi Belajar Efektif untuk Semester 2
Selain memahami contoh soal, strategi belajar yang tepat sangat krusial untuk kesuksesan. Berikut beberapa tips tambahan:
- Buat Jadwal Belajar: Alokasikan waktu belajar secara rutin untuk setiap materi.
- Aktif dalam Pembelajaran: Jangan ragu bertanya kepada guru jika ada yang kurang jelas. Ikut serta dalam diskusi kelas.
- Perkaya Kosa Kata: Gunakan kamus, aplikasi belajar bahasa, atau buat kartu kosakata. Coba gunakan kata-kata baru dalam percakapan atau tulisan.
- Latihan Berbicara: Cari teman untuk berlatih percakapan dalam Bahasa Inggris. Rekam suaramu sendiri untuk mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki.
- Baca Materi Tambahan: Baca buku cerita pendek, artikel sederhana, atau berita dalam Bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan membaca.
- Manfaatkan Teknologi: Gunakan aplikasi belajar bahasa, video edukatif di YouTube, atau situs web pembelajaran Bahasa Inggris.
- Kerjakan Latihan Soal: Lakukan sebanyak mungkin latihan soal dari berbagai sumber. Ini akan membantu Anda terbiasa dengan berbagai tipe pertanyaan.
- Fokus pada Kelemahan: Identifikasi topik atau tipe soal mana yang paling Anda kesulitan, dan berikan perhatian ekstra pada area tersebut.
- Istirahat yang Cukup: Jangan memaksakan diri belajar terlalu lama. Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup agar otak tetap segar.
- Percaya Diri: Yang terpenting, yakini kemampuan diri sendiri. Dengan persiapan yang matang, Anda pasti bisa meraih hasil yang terbaik.
Kesimpulan
Menguasai Bahasa Inggris di kelas 7 semester 2 Kurikulum 2013 adalah sebuah proses yang membutuhkan pemahaman materi, latihan soal yang konsisten, dan strategi belajar yang efektif. Dengan berbekal contoh-contoh soal di atas dan tips-tips yang telah dibagikan, diharapkan siswa dapat lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi penilaian akhir semester. Ingatlah bahwa belajar Bahasa Inggris adalah sebuah perjalanan, nikmati setiap langkahnya dan teruslah berlatih!
