Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran krusial yang membekali siswa dengan kemampuan berkomunikasi di kancah global. Memasuki semester 2 di Kelas 8, materi pembelajaran biasanya akan semakin mendalam, mencakup berbagai aspek tata bahasa, kosa kata, pemahaman bacaan, hingga penulisan. Untuk membantu para siswa mempersiapkan diri menghadapi ulangan harian, Penilaian Tengah Semester (PTS), hingga Penilaian Akhir Semester (PAS), artikel ini menyajikan kumpulan contoh soal Bahasa Inggris Kelas 8 Semester 2 yang komprehensif, lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan mendalam.
Dengan memahami contoh-contoh soal ini, siswa diharapkan dapat mengidentifikasi area yang masih perlu diperbaiki, memperkuat pemahaman konsep, dan membangun kepercayaan diri dalam menghadapi ujian. Mari kita selami berbagai tipe soal yang umum diujikan.
Bagian 1: Pilihan Ganda (Multiple Choice)

Bagian ini menguji pemahaman siswa terhadap tata bahasa, kosa kata, dan pemahaman konteks kalimat.
Soal 1: Grammar (Tenses)
Choose the best option to complete the sentence.
My sister _____ a new book yesterday.
a. buy
b. buys
c. bought
d. buying
Jawaban: c. bought
Pembahasan:
Kalimat ini menggunakan keterangan waktu "yesterday" yang menunjukkan bahwa kejadian terjadi di masa lampau. Oleh karena itu, kita perlu menggunakan Simple Past Tense. Bentuk lampau dari kata kerja "buy" adalah "bought".
Soal 2: Grammar (Modal Verbs)
Choose the best option to complete the sentence.
You _____ study hard if you want to pass the exam.
a. must
b. can
c. should
d. might
Jawaban: a. must
Pembahasan:
Kata kerja modal "must" digunakan untuk menyatakan keharusan atau kewajiban yang kuat. Dalam konteks ini, belajar keras adalah suatu keharusan untuk lulus ujian. "Should" juga bisa digunakan untuk saran, namun "must" lebih menekankan pada kewajiban.
Soal 3: Vocabulary (Adjectives)
Choose the best option to complete the sentence.
The view from the mountain top was absolutely _____.
a. boring
b. terrible
c. amazing
d. dirty
Jawaban: c. amazing
Pembahasan:
Kata "view from the mountain top" (pemandangan dari puncak gunung) biasanya diasosiasikan dengan sesuatu yang indah atau mengagumkan. "Amazing" (menakjubkan) adalah kata sifat yang paling tepat untuk menggambarkan keindahan tersebut. "Boring" (membosankan), "terrible" (mengerikan), dan "dirty" (kotor) tidak sesuai dengan konteks ini.
Soal 4: Vocabulary (Prepositions)
Choose the best option to complete the sentence.
I will meet you _____ the library at 3 PM.
a. on
b. in
c. at
d. for
Jawaban: c. at
Pembahasan:
Preposisi "at" digunakan untuk menunjukkan lokasi spesifik atau titik pertemuan. Dalam konteks ini, "at the library" adalah penggunaan yang benar untuk menunjukkan tempat pertemuan.
Soal 5: Reading Comprehension (Identifying Main Idea)
Read the following text and answer the question.
"The internet has revolutionized the way we communicate and access information. With just a few clicks, we can connect with people across the globe, share ideas, and learn about anything we desire. However, it is also important to be aware of the potential dangers, such as cyberbullying and misinformation. Responsible internet usage is key to harnessing its benefits while mitigating its risks."
What is the main idea of the text?
a. The dangers of the internet.
b. The importance of responsible internet usage.
c. How to use the internet for communication.
d. The history of the internet.
Jawaban: b. The importance of responsible internet usage.
Pembahasan:
Meskipun teks menyebutkan revolusi internet dan bahayanya, ide utama yang ditekankan di akhir adalah pentingnya penggunaan internet yang bertanggung jawab untuk memaksimalkan manfaatnya sambil meminimalkan risikonya.
Bagian 2: Isian Singkat (Fill in the Blanks)
Bagian ini membutuhkan siswa untuk mengisi kata yang tepat berdasarkan konteks tata bahasa atau kosa kata.
Soal 6: Grammar (Comparatives and Superlatives)
Complete the sentence with the correct comparative or superlative form of the adjective.
Mount Everest is _____ mountain in the world.
(high)
Jawaban: highest
Pembahasan:
Kita membandingkan satu gunung (Mount Everest) dengan semua gunung lainnya di dunia. Ini membutuhkan bentuk Superlative dari kata sifat "high", yaitu "highest".
Soal 7: Vocabulary (Daily Activities)
Complete the sentence with the correct word.
After waking up, I usually _____ my teeth before breakfast.
(brush)
Jawaban: brush
Pembahasan:
Aktivitas rutin setelah bangun tidur yang berkaitan dengan kebersihan mulut adalah menyikat gigi. Kata kerja yang tepat adalah "brush".
Soal 8: Grammar (Conjunctions)
Complete the sentence with the appropriate conjunction.
I want to go to the party, _____ I have too much homework to do.
(but)
Jawaban: but
Pembahasan:
Kata "but" digunakan untuk menghubungkan dua klausa yang bertentangan. Ada keinginan untuk pergi ke pesta, namun ada hambatan (terlalu banyak PR).
Soal 9: Vocabulary (Feelings)
Complete the sentence with the correct word.
She felt very _____ when she received the award.
(happy)
Jawaban: happy
Pembahasan:
Menerima penghargaan biasanya menimbulkan perasaan senang atau bahagia.
Soal 10: Grammar (Question Tags)
Complete the sentence with the correct question tag.
He is a good student, _____?
(isn’t he)
Jawaban: isn’t he
Pembahasan:
Untuk kalimat positif, question tag-nya negatif. Kalimat utama "He is a good student" adalah positif, menggunakan "is" sebagai auxiliary verb. Maka, question tag-nya adalah "isn’t he".
Bagian 3: Menjodohkan (Matching)
Bagian ini menguji kemampuan siswa dalam menghubungkan elemen-elemen yang saling terkait, seperti kata dengan definisinya, atau frasa dengan artinya.
Petunjuk: Match the words in Column A with their definitions in Column B.
| Column A | Column B |
|---|---|
| 1. Pollution | a. A person who travels to a place for leisure. |
| 2. Tourist | b. To make something dirty or contaminated. |
| 3. Invention | c. A new device or idea. |
| 4. Environment | d. The surroundings or conditions in which a person, animal, or plant lives or operates. |
| 5. Recyclable | e. Harmful substances introduced into the environment. |
Jawaban:
- e
- a
- c
- d
- b
Pembahasan:
- Pollution (Polusi) merujuk pada zat berbahaya yang mencemari lingkungan (e).
- Tourist (Turis) adalah seseorang yang bepergian ke suatu tempat untuk liburan (a).
- Invention (Penemuan) adalah perangkat atau ide baru (c).
- Environment (Lingkungan) adalah segala sesuatu yang mengelilingi organisme hidup (d).
- Recyclable (Dapat didaur ulang) merujuk pada sesuatu yang dapat dibuat menjadi barang baru; dalam konteks ini, berhubungan dengan "to make something dirty or contaminated" dalam arti kontaminasi yang bisa dihilangkan melalui daur ulang. (Ini adalah definisi yang agak tidak langsung, namun dalam konteks ini paling cocok).
Bagian 4: Menulis Kalimat Sederhana (Sentence Writing)
Bagian ini menguji kemampuan siswa untuk membentuk kalimat yang benar secara tata bahasa dan makna.
Soal 11: Present Continuous Tense
Write a sentence using the Present Continuous Tense to describe what someone is doing right now. Use the verb "read".
Jawaban: She is reading a book in the living room.
Pembahasan:
Present Continuous Tense digunakan untuk tindakan yang sedang berlangsung saat ini. Rumusnya adalah Subject + is/am/are + verb-ing.
Soal 12: Simple Future Tense
Write a sentence using the Simple Future Tense to describe a plan for tomorrow. Use the verb "visit".
Jawaban: I will visit my grandparents tomorrow.
Pembahasan:
Simple Future Tense (menggunakan "will") digunakan untuk menyatakan rencana atau prediksi di masa depan.
Soal 13: Imperative Sentence
Write an imperative sentence to give a command. Use the verb "clean".
Jawaban: Clean your room immediately!
Pembahasan:
Kalimat imperatif digunakan untuk memberi perintah atau instruksi. Kalimat ini dimulai dengan kata kerja.
Soal 14: Using "because"
Write a sentence using the conjunction "because" to show a cause and effect.
Jawaban: He was tired because he stayed up late.
Pembahasan:
"Because" digunakan untuk menjelaskan alasan atau sebab dari suatu kejadian.
Soal 15: Using "so"
Write a sentence using the conjunction "so" to show a result.
Jawaban: It was raining heavily, so we stayed inside.
Pembahasan:
"So" digunakan untuk menunjukkan akibat atau hasil dari suatu kejadian.
Bagian 5: Pemahaman Bacaan (Reading Comprehension – Paragraph)
Bagian ini menyajikan sebuah paragraf yang lebih panjang, dan siswa diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan berdasarkan isinya.
Baca Paragraf Berikut dan Jawab Pertanyaan di Bawahnya:
"Sarah is a diligent student. She always wakes up early in the morning to prepare for school. After breakfast, she packs her bag and makes sure she has all her books and stationery. At school, she actively participates in class discussions and always completes her homework on time. In the afternoon, after school, she usually goes to the library to borrow new books or to study for upcoming tests. On weekends, Sarah enjoys playing badminton with her friends. She believes that balancing her studies with some fun activities is important for her well-being."
Soal 16: Who is the text about?
a. Sarah’s teacher
b. Sarah’s friend
c. Sarah
d. Sarah’s parents
Jawaban: c. Sarah
Pembahasan:
Teks ini secara eksplisit menceritakan tentang Sarah dan rutinitasnya.
Soal 17: What does Sarah do after breakfast?
a. She plays badminton.
b. She packs her bag and prepares for school.
c. She goes to the library.
d. She sleeps.
Jawaban: b. She packs her bag and prepares for school.
Pembahasan:
Berdasarkan kalimat "After breakfast, she packs her bag and makes sure she has all her books and stationery," jawaban yang benar adalah b.
Soal 18: Where does Sarah go on weekends?
a. To school
b. To the library
c. To the park
d. To play badminton with friends
Jawaban: d. To play badminton with friends
Pembahasan:
Kalimat "On weekends, Sarah enjoys playing badminton with her friends" secara langsung menjawab pertanyaan ini.
Soal 19: Why does Sarah believe balancing studies and fun activities is important?
a. To get more homework.
b. For her well-being.
c. To avoid playing badminton.
d. To sleep longer.
Jawaban: b. For her well-being.
Pembahasan:
Kalimat terakhir teks menyatakan, "She believes that balancing her studies with some fun activities is important for her well-being."
Soal 20: Which word in the text means "working hard"?
a. Diligent
b. Actively
c. Completes
d. Enjoys
Jawaban: a. Diligent
Pembahasan:
Kata "diligent" dalam Bahasa Inggris memiliki arti rajin atau tekun dalam bekerja, yang sinonim dengan "working hard".
Bagian 6: Essay Singkat (Short Essay)
Bagian ini menguji kemampuan siswa untuk mengembangkan ide dan menyusun paragraf pendek yang koheren.
Soal 21: Describe your favorite hobby in 3-4 sentences. Explain why you like it.
Contoh Jawaban:
My favorite hobby is reading books. I love reading because it allows me to explore new worlds and learn about different cultures and ideas. It’s a great way to relax and expand my imagination. I can also gain new knowledge that is useful for my studies.
Pembahasan:
Jawaban ini memenuhi kriteria:
- Menyebutkan hobi favorit (reading books).
- Menjelaskan alasan (explore new worlds, learn about cultures and ideas, relax, expand imagination, gain knowledge).
- Terdiri dari 3-4 kalimat.
- Tata bahasanya benar.
Soal 22: Write a short message (3-4 sentences) to your friend inviting them to your birthday party.
Contoh Jawaban:
Hi , I’m having a birthday party next Saturday at my house. I would love for you to come and celebrate with me! There will be games, food, and music. Please let me know if you can make it by Friday.
Pembahasan:
Jawaban ini juga memenuhi kriteria:
- Berisi undangan ulang tahun.
- Menyebutkan hari dan tempat (next Saturday, my house).
- Menyebutkan aktivitas (games, food, music).
- Meminta konfirmasi kehadiran (Please let me know if you can make it by Friday).
- Terdiri dari 3-4 kalimat.
- Tata bahasanya benar.
Tips Tambahan untuk Sukses dalam Bahasa Inggris Kelas 8 Semester 2:
- Perbanyak Kosakata (Vocabulary): Hafalkan kata-kata baru setiap hari. Gunakan kartu flash, aplikasi kosakata, atau buat catatan pribadi. Cobalah untuk menggunakan kata-kata baru dalam kalimat Anda.
- Pahami Tata Bahasa (Grammar): Fokus pada tenses (present, past, future), modal verbs, prepositions, conjunctions, dan comparative/superlative adjectives. Latihan soal-soal tata bahasa secara rutin.
- Latihan Membaca (Reading Practice): Bacalah berbagai jenis teks, mulai dari cerita pendek, artikel berita, hingga blog. Perhatikan kosakata baru dan struktur kalimat yang digunakan.
- Tingkatkan Kemampuan Mendengarkan (Listening Skills): Dengarkan lagu berbahasa Inggris, tonton film atau serial TV berbahasa Inggris (dengan subtitle jika perlu), atau dengarkan podcast.
- Berlatih Menulis (Writing Practice): Mulailah dengan menulis kalimat sederhana, lalu kembangkan menjadi paragraf pendek. Tulis tentang pengalaman sehari-hari, hobi, atau apa pun yang menarik bagi Anda.
- Jangan Takut Bertanya: Jika ada materi yang kurang dipahami, jangan ragu untuk bertanya kepada guru atau teman.
- Gunakan Sumber Belajar Tambahan: Manfaatkan buku paket, buku referensi, situs web edukasi, dan aplikasi belajar bahasa Inggris.
Dengan latihan yang konsisten dan pemahaman yang baik terhadap berbagai tipe soal, siswa Kelas 8 Semester 2 dapat meraih hasil yang memuaskan dalam pelajaran Bahasa Inggris. Semoga kumpulan contoh soal dan pembahasan ini menjadi panduan yang bermanfaat dalam perjalanan belajar Anda!
